Kamis, 24 Mei 2018

TUGAS PPD Permasalahan yang Timbul Pada Masa Remaja


Pembahasan
Permasalahan yang timbul pada masa remaja adalah masalah-masalah yang mungkin timbul berhubungan dengan perkembangan fisik dan psikomotorik, misalnya, wanita lebih cepat sekitar 1-2 tahun dari priap, erkembangan ukuran-ukuran tinggi dan berat, perubahan suara dan peristiwa menstruasi, matangnya organ reproduksi. Masalah-masalah yang mungkin  timbul berhubungan dengan perkembangan bahasa dan perilaku kognitif. Tidak menyenangi pelajaran ataupun guru bidang studi, IQ yang tinggi (superior) atau di bawah rata-rata (slow learners), perlu adanya bimbingan, kurang tepat memilih jurusan.
Masalah yang timbul berhubungan dengan perkembangan perilaku sosial, moralitas, dan keagamaan yaitu, masuk perkumpulan atau geng, konflik dengan orang tua,dan melawan peraturan. Masalah yang timbul berhubungan dengan perkembangan perilaku afektif, konatif dan kepribadian yaitu, mudah terlibat kegiatan-kegiatan masa remaja, ketidakmampuan menemukan diri yang sebenarnya, ketika memasuki masa pubertas, remaja seringkali berbagai faktor penunjang ini dapat saling mendukung dan dapat saling berbenturan nilai.
Bentuk – bentuk perilaku menyimpang remaja yaitu sebagai berikut : Delikuensi Individual, Delinkuensi Situasional, Delinkuensi Sistematik, Delinkuensi Komulatif.
Implikasinya bagi pendidikan yaitu, di antara usaha-usaha pembinaan, sekurang-kurangnya untuk mengurangi kemungkinan tumbuhnya permasalahan tersebut di atas, dalam rangka kegiatan pendidikan yang dapat dilakukan para pendidik umumnya dan para guru khususnya, ialah untuk memahami dan mengurangi permasalahan yang berhubungan dengan perkembangan fisik dan perilaku psikomotorik, antara lain yaitu, diadakan program dan perlakuan layanan khusus bagi siswa remaja pria dan wanita. Diskusi atau sosialisasi tentang dampak kenakalan remaja dan Role playing.



Untuk memahami dan mengurangi kemungkinan timbulnya permasalahan yang berhubungan dengan  perkembangan bahan perilaku kognitif, antara lain yaitu, kepada para guru bidang studi tertentu harus mampu memahami apa yang menjadi keingnan siswa, penggunaan strategi belajar-mengajar yang tepat, penjurusan atau pemilihan dan penentuan program studi seyogyanya memperhitungkan segala aspek dari diri remaja tersebut.
Untuk memahami dan mengurangi kemungkinan timbulnya permasalahan yang berhubungan dengan perkembangan perilaku social, moralitas dan kesadaran hidup atau penghayatan keagamaan, antara lain yaitu, diusahakan menciptakan perkumpulan antar remaja yang bersifat positif, kerjasama antara sekolah dan masyarakat, mengadakan musyawarah terhadap remaja. Untuk memahami dan mengurangi kemungkinan timbulnya permasalahan yang berhubungan dengan perkembangan fungsi-fungsi konatif, afektif, dan kepribadian, antara lain yaitu, guru dan orang tua dapat memberikan cotoh yang baik, pemberian tugas-tugas yang dapat membina karakter remaja.




















Kesimpulan
Masa remaja merupakan segmen kehidupan yang penting dalam siklus perkembangan individu, dan merupakan masa transisi yang dapat diarahkan kepada perkembangan masa dewasa yang sehat.
Apabila gagal dalam tugas perkembangannya, dalam mengembangkan rasa identitasnya. Maka remaja akan kehilangan arah. Dampaknya remaja akan mengembangkan perilaku menyimpang (delinquent) melakukan kriminalitas atau menutup diri (mengisolasi diri) dari masyarakat karena tidak menduduki posisi yang harmonis dalam masyarakat. Faktor-faktor yang dapat menentukan gagal atau berhasilnya tugas perkembangan tersebut, ada 3 yakni : Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH BENDA-BENDA LANGIT

BENDA-BENDA LANGIT   DisusunOleh Kelompok   :    1. Heridiktus Olang 2. Maria Yanti 3...