Kamis, 24 Mei 2018

TUGAS BI pendekatan komunikatif


TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF



DI SUSUN OLEH : KELOMPOK 1

1.                    AGRIANI SARTIKA
2.                    ERMA WULANDARI
3.                    MULYA AKBAR
4.                    PINI RANDA
5.                    RATIH SARNI PURWANTI
6.                    ROSKA MARYATI
7.                    RUSITA RIANA
















A.    Pendekatan Komunikatif
Pendekatan komunikatif adalah suatu pendekatan yang bertujuan untuk membuat kompetensi komunikatif sebagai tujuan pembelajaran bahasa,juga mengembangkan prosedur-prosedur bagi pembelajaran empat ketrampilan berbahasa yaitu(menyimak,membaca,berbicara dan menulis).
Latar belakang munculnya pendekatan komunikatif.Menurut Tarigan (1989:20),munculnya pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa bermula dari adanya perubahan dalam tradisi pembelajaran bahasa di Inggris pada tahun 1960-an,yang saat itu menggunakan pendekatan situsional.Bahasa diajarkan dengan cara mempraktikkan atau melatihkan struktur dasar dalam berbagai kegiatan berdasarkan situasi linguistik.Kemudian pendekatan itu ditolak oleh Amaerika Serikat pada pertengahan tahun 1960-an dan para pakara linguistik mulai mempermasalahkan asumsi yang mendasari pengajaran bahasa situsional.Sehingga mereka menekankan pada dimensi fundamental bahasa yang tidak mendapatkan perhatian yaitu adanya aspek fungsional dan komunikatif dalam berbahasa.Dari sejarah singkat itulah mulai dikembangkan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan komunikatif.
B.     Ciri-ciri pendekatan komunikatif
1.      Adanya kegiatan komunikasi fungsional dan interaksi sosial yang saling berkaitan erat.
2.      Pembelajaran berorientasi pada pemerolehan kompetensi komunikatif,bukan ketepatan gramatikal
3.      Pembelajaran diarahkan pada modifikasi peningkatan murid dalam menemukan kaidah bahasa lewat kegiatan berbahasa.
4.      Dengan pembelajaran komunikatif siswa diharapkan menguasai kompetensi komunikatif.
C.     Tujuan pembelajaran bahasa berdasarkan pendekatan komunikatif
Pendekatan komunikatif bertujuan agar siswa mampu berkomunikasi dan mampu menggunakan bahasa secara baik,benar,dan wajar,serta dapat digunakan untuk berbagai tujuan dan keadaan.Disamping itu kemampuan komunikasi menuntut adanya kemampuan gramatik,kemampuan sosiolinguistik,kemampuan wacana,dan kemampuan strategi.Dalam proses pembelajaran,guru hanya berfungsi sebagai komunikator,fasilitator,dan motivator.Sehubungan dengan itu,yang menjadi acuan adalah kebutuhan siswa untuk dapat berkomunikasi dalam situasi sebenarnya.Sugono (1993) mengatakan bahwa pembelajaran bahasa sebagai alat komunikasi akan menarik minat siswa karena siswa didesak oleh kebutuhannya berkomunikasi dengan orang lain.Oleh karena itu untuk memenuhi atau meningkatkan ketrampialn menggunakan bahasa yang paling tepat adalah menggunakan pendekatan komunikatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH BENDA-BENDA LANGIT

BENDA-BENDA LANGIT   DisusunOleh Kelompok   :    1. Heridiktus Olang 2. Maria Yanti 3...