RESUME BAB III
ILMU PENDIDIKAN
DI
SUSUN OLEH :
NAMA :HERIDIKTUS OLANG
KELAS :E5
NIM :141006910
PRODI :PGSD
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(
STKIP ) PERSADA KHATULISTIWA
SINTANG
2015
Pendidikan
pada hakekatnya adalah suatu proses memberitahu dan mendidik peserta didik.
Memberitahu adalah memasukan suatu pengertian,pernyataan dan penalaran kedalam
otak peserta didik agar mereka tahu tentang sesuatu,sedangkan mendidik adalah mengubah
perilaku peserta didik sesuai dengan nilai dan aturan sosial yang berlaku. Jadi
kalau kondisi sosial berubah maka pendidikan
harus berubah mengikuti perubahan sosial.
Peserta didik bersedia percaya kepada pendidik apabila
pendidik memiliki pola pikir dan pola perilaku baik(mampu memberi nasihat,
mampu mengenal peserta didik, melihat momen utk melakukan teguran, mengarahkan
peserta didik).
Manajemen pendidikan terdiri dari
dua kata yaitu manajemen dan pendidikan,manajemen berarti mencapai tujuaan melalui kerja orang
lain dengan seperangkat modal
kerja, alat kerja, dan metode kerja (Harus direncanakan, diorganisasikan dan dikendalikan untuk mencapai sasaran kerja yang ditetapkan),sedangkan pendidikan
adalah mengajar peserta didik berpikir rasional dan mendidik perilaku peserta
didik untuk berperilaku sesuai nilai dan norma sosial yang berlaku.
Guru
dan Dosen pada zaman kapitalisme (zaman uang berkuasa) merupakan sosok individu
yang menjual
tenaga dan pikirannya(pengetahuannya) untuk mencari nafkah. Perilaku pendidik(guru dan dosen) pada zaman kapitalisme (uang berkuasa) sama dgn perilaku pedagang
(berpikir untung dan rugi) karena harus mengembalikan
cost yg dikeluarkan selama menghabiskan masa pendidikan . Ciri Pendidik pd zaman kapitalisme adalah;
1.
Pendidik kehilangan identitas aslinya
2.
Pendidik membuat jarak dengan murid/mahasiswanya (pendidik adalah
penjual ilmu dan siswa/mhsiswa adalah pembeli ilmu)
3.
Pendidik kehilangan daya kritisnya karena orientasi
adalah mengajar untuk mencari
imbalannya
4.
Pendidik sebatas berkomunikasi dengan peserta didik pada sebatas ilmu yg
diajarkan
5.
Pendidik
melakukan dialog dengan
peserta didik sangat terbatas karena berpikir dialog adalah waktu dan waktu
adalah imbalan
6.
Peserta didik
dijadikan obyek yang harus ditindas dan dihisap karena peserta didik merasa seperti majikan yang mencari keuntungan .
Hakikat intelligence adalah:
1.
Kombinasi
antara bawaan lahir dan pengaruh lingkungan sosial dan pendidikan
2.
Bawaan lahir
merupakan hasil dari proses kehidupan nyata bapak- ibu- anak, artinya; hasil
dari kondisi nyata kehidupan sosial- ekonomi dan psikologis” Lingkungan sosial
dan pendidikan merupakan faktor yang mempengaruhi.
Hakikat
tugas pendidikan yg dilakukan oleh Lembaga pendidik adalah membantu peserta
didik;
1.
Meningkatkan
kecerdasan intelektual agar dapat mengembangkan ilmu dan teknologi
2.
Meningkatkan
kecerdasan emosional agar dapat bersikap dan bertindak simpati dan empati
3.
Meningkatkan
semangat hidup agar mampu mengelola alam dan sosial sesuai kebutuhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar