Rabu, 10 Oktober 2018

RPP PECAHAN SEDERHANA KELAS III SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN 18 Benuis Kec. Selimbau
Mata Pelajaran            :   Matematika
Kelas/Semester            :   III/ 2
Materi Pokok               :   Mengenal Pecahan Sederhana
Waktu                          :   2 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi       : 
       3. Mengenal pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
B.     Kompetensi Dasar
      3.1 mengenal pecahan sederhana
A.  Indikator :
Kognitif
         1.      Mengenal berbagai macam jenis pecahan sederhan
         2.      Membaca dan meniuliskan lambang pecahan sederhana
Afektif
1.      Cinta Tuhan YME
2.      Kerjasama
3.      Peduli
4.      Pertanggung jawab
Psikomotorik
Berdiskusi dan berkomunikasi dalam menyelesaikan soal tentang pecahan sederhana


D. Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
·         Siswa dapat mengenal berbagai macam pecahan sederhana.
·         Siswa dapat membaca dan menulis macam-macam pecahan sederhana
2.      Afektif
·         Terlibat dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa sambil mengembangkan prilaku berkarakter : keaktifan dalam bekerja kelompok, ketepatan dalam menjawab pertanyaan ,bekerjasama dalam kelompok , bertanggung jawab menyelesaikan tugas.
3.      Psikomotor
·         Siswa dapat berdiskusi dalam kelompok dengan baik
E.    Karakter siswa yang diharapkan :
·         Religius
·         Kerjasama.
·         Tanggung Jawab
·         Kreatif, jujur
·         Rasa ingin tahu
F.     Materi Ajar
A. Mengenal Pecahan Sederhana
1. Mengenal Pecahan Setengah dan Seperempat
Amatilah gambar dibawah ini :
 


         A                                              B
A.
1. Satu dibagi 2 bagian yang sama.
2. Nilai tiap bagian satu per dua atau seperdua.
3. Yang diarsir 1 dari 2 bagian, nilainya satu per dua atau seperdua.
4. Lambang pecahan itu adalah 
B.
1. Satu dibagi 4 bagian yang sama.
2. Nilai tiap bagian satu per empat atau seperempat.
3. Yang diarsir 1 dari 4 bagian, nilainya satu per empat. Atau seperempat.
4. Lambang pecahan itu adalah.

2. Mengenal Pecahan Sepertiga dan Seperenam









1. Satu dibagi 3 bagian yang sama besar.
2. Nilai tiap bagian satu per tiga atau sepertiga.
3. Yang diarsir 1 dari 3 bagian, nilainya satu per tiga atau sepertiga.
4. Lambang pecahan itu adalah




1. Satu dibagi 6 bagian yang sama.
2. Nilai tiap bagian satu per enam atau seper enam.
3. Yang diarsir 1 dari 6 bagian, nilainya satu per enam atauseper enam.
4. Lambang pecahan itu adalah

B. Membaca dan Menulis Lambang Pecahan
123456789012345678901234567
123456789012345678901234567
123456789012345678901234567
123456789012345678901234567
123456789012345678901234567
123456789012345678901234567
123456789012345678901234567
12345678901234567890123456756789012345678901234567
123456789012345678901234567
123456789012345
123456789012345678901234567
123456789012345678901234567
123456789012345678901234567
 








Gambar di atas menunjukan pecahan setengah. Lambang bilangannya yaitu
(dibaca setengah atau satu per dua).
 


Gambar di atas menunjukan pecahan sepertiga.
Lambang bilangannya yaitu
(dibaca sepertiga atau satu per tiga).








Gambar di atas menunjukan pecahan sepersembilan.
Lambang bilangannya yaitu
(dibaca sepersembilan atau satu per sembilan).

G.     Media Belajar
1.  BUKU BSE
2.  OHP
H.    METODE PEMBELAJARAN 
Model  :   a. Pembelajaran kooperatif tipe
Metode :    a. ceramah
                         b. Tanya jawab
                         c. penegasan
                                
I. Langkah Pembelajaran

No
Guru
Siswa
Metode
Karakter
Waktu
1
v Kegiatan Awal
·    salam
·    doa
·    absen
·    Permainan atau bernyanyi.
·    Menanyakan materi minggu lalu
·    Motovasi
·    Menyampaikan tujuan

·    Salam
·    Berdoa
·    Menjawab
·    Mengikuti
·    Mendengarkan dan menjawab
·    Mendengarkan
·    Menyimak

Ceramah,
Tanya jawab,

Religius
Jujur
5menit
2
v Kegiatan Inti
·     Menyiapkan tongkat
·     Menjelaskan materi pecahan sederhana secara singkat
·     Meminta siswa satu per satu membaca penjelasan
·     Mencontohkan dari penjelasan tentang materi pecahan sederhan, menanyakan apakah sudah paham.
·     Meminta siswa untuk mengerjakan contoh soal
·     Sambil mencontohkan dengan gambar melalui gambar atau OHP
·     Menanyakan apakah sudah memahami materi atau tidak
·     Melanjutkan kegiatan tanya jawab dengan menjalankan tongkat diiringi lagu.
·     Disaat lagu diberhentikan guru maka yang terakhir memegang tongkat yang menjawab pertanyaan dari guru, begitu selanjutnya.


·      Menyimak penjelasan guru

·       Membaca penjelasan

·      Mencatat dan bertanya apabila tidak paham


·      Mengerjakan contoh soal
·      Melihan dan menyimak
·      Bertanya apabila tidak paham.

·      Bernyanyi dan menjalankan tongkat.


·      Menjawab pertanyaan guru


Ceramah, tanya jawab, penugasan


Kerja sama,
Tanggung Jawab,
Kreatif, jujur,
Rasa ingin tahu

20menit
3
v Kegiatan Penutup
·     Menyimpulkan melalui tanya jawab.
·     Evaluasi
·     Doa
·     Salam

·   Menjawab.

·   Mengerjakan soal
·   Berdoa
·   Salam


Religius
Jujur
5menit

J.     Alat dan Sumber Pembelajaran
1.   Alat : Leptop, OHP
2.    Sumber : BSE kelas III
3.   Pengalaman siswa
K.      Penilaian:
1.      Observasi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Mengidentifikasi komposisi dan jenis – jenis tanah
Tugas kelompok


Laporan dan unjuk kerja




Jelaskanlah komposisi dan jenis – jenis tanah ?


B.      LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial











Mengetahui

Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah





.......................................................
       NIP :

.....................................................
       NIP :

LAMPIRAN

SOAL
1.      Bagaimana penulisan lambang bilangan dari satu per dua ?
2.      Gambarlah lambang bilangan dari satu per empat atau seperempat ?
3.      Gambarlah bangun datar dari lambang bilangan satu per eman ?
4.      Bagaimanakah penulisan lambang bilangan dari satu per delapan ?
5.      Bagaimana membaca  gambar dibawah ini ?
 



1 komentar:

  1. titanium arts
    TATONIC ART CUSTOMING · TATONIC ROCKING T-TATONIC ROCKING T-TATONIC ROCKING https://sol.edu.kg/ T-TATONIC. This unique and worrione original design is crafted with the use of microtouch solo titanium sustainable nba매니아

    BalasHapus

MAKALAH BENDA-BENDA LANGIT

BENDA-BENDA LANGIT   DisusunOleh Kelompok   :    1. Heridiktus Olang 2. Maria Yanti 3...