RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN No 04 Sirang Setambang
Mata Pelajaran :Matematika
Kelas/Semester : II/II
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Tema : Perkalian dan Pembagian Bilangan
A. Standar Kompetensi :
3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka
B. Kompetensi Dasar
3.1 Melakukan perkalian
bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
C. Indikator :
Kognitif
1.
Menentukan perkalian sebagai
penjumlahan berulang.
2.
Menentukan perkalian dengan
bilangan nol ( 0 )
Afektif
1.
cinta Tuhan YME
2.
kerjasama
3.
peduli
4.
bertanggung jawab
Psikomotorik
berdiskusi dan berkomunikasi dalam
menyelesaikan soal sifat-sifat perkalian dan pembagian dengan benar.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menghitung
perkalian yang hasilnya bilangan dua angka.
2. Siswa dapat menghitung pembagian yang hasilnya dua angka.
3. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari
yang berkalian dengan perkalian dan
pembagian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
E.
Materi Pembelajaran
a.
Perkalian dan Pembagian bilangan
1.
Perkalian
Arti perkalian perkalian adalah sebagai penjumlahan berulang
Soal : ada 3 kelompok sedotan. Setiap kelompok ada 2
sedotan. Berapa banyak sedotan semuanya?
Jawaban:sama
artinya 3 x 2 = 2 + 2 + 2 = 6
ada 3 kali penjumlahan 2 artinya 3 x 2 = 6 jadi 3 × 2 = 2 +
2 + 2 = 6, 3 × 2 dibaca 3 kali 2
artinya 2
nya ada 3 kali atau 3 × 2 = 2 + 2 + 2
1.
3 × 4 = 4 + 4
+ 4
= 12
2.
4 × 3 = 3 +
3 + 3 + 3
= 12
3.
3 + 3 + 3 = 3 x 3 = 9
4.
2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2
= 7 x
2 = 14
2.
Pembagian bilangan
Pembagian
adalah sebagai pengurangan berulang.
1.
4 : 2 artinya 4 dikurangi 2 secara berulang sampai habis 4 –
2 = 2 – 2 = 0 (habis) pengurangan selesai setelah 2 kali jadi hasilnya adalah 4 : 2 = 2
2.
6 : 2 = 2 – 2 – 2 = 0 karena terdapat 3 kali pengurangan jadi 6
: 2 = 3
3.
8 : 2 = 2 – 2 – 2 – 2 = 0
karena terdapat 4 kali pengurangan jadi 8 : 2 = 4
|
Peta
konsep
|
perkalian
dan pembagian bilangan
|
perkalian
|
|
Pembagian
|
4.
|
arti perkalian sebagai
penjumlahan berulang
|
|
pembagian sebagai
pengurangan berulang
|
|
perkalian dua bilangan satu
angka
|
5.
F. Metode Pembelajaran
1.
Model :Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads
Together) .
2.
Metode :Ceramah, diskusi, dan
latihan.
G.
Alokasi Waktu
2
x 35 Menit
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Aktivitas
Peserta didik
|
Perilaku Karakter
|
|
|
1. Pendahuluan
|
|||
|
|
1. Memberi salam, berdoa, mengisi daftar siswa, mempersiapkan materi ajar.
|
Siswa menjawab salam, berdoa
bersama, mengikuti perintah guru dan mempersiapkan diri untuk belajar.
|
Cinta Tuhan YME
Tanggung jawab
|
|
2. Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca dan
menyampaikan apresiasi tentang perkalian dan pembagian. Dengan membeli permen
kaki seharga Rp 2000 dapat empat biji. Jadi Rp 500 X 4 = Rp 2000. Dan Rp 2000
: 4 = Rp500.
|
Memperhatikan guru dan
menjawab pertanyaan guru
|
Peduli dan jujur
|
|
|
3.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
Memperhatikan guru
|
Peduli
|
|
|
2. Inti
|
|||
|
|
1) Guru
menjelaskan materi secara singkat yaitu tentang perkalian
dan pembagian bilangan.
|
Memperhatikan dan menyimak penjelasan guru
|
Peduli
|
|
2)
Guru membimbing siswa dan membagi
siswa menjadi beberapa kelompok.
|
Mengikuti arahan dari guru
dan tidak memprotes keanggotaan kelompok
|
Peduli
|
|
|
3) Guru
membagikan LKS dan meminta siswa melihat soal latihan yang
ada.
|
Menerima LKS dan Melihat soal latihan.
|
Kompak dan jujur
|
|
|
4) Guru memberikan kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut.
|
Siswa melihat isi
soal latihan yang ada.
|
Jujur
|
|
|
|
5) Dipandu LKS, Guru membimbing setiap kelompok untuk mengamati,
berdiskusi/komunikasi, mengklasifikasi, dan mengambil kesimpulan dengan menuliskan/menyelesaikan tugas di LKS.
|
Siswa mengerjakan tugas sesuai dengan petunjuk dan Terlibat dalam diskusi.
|
Disiplin dan jujur
|
|
6) Siswa di minta mempersentasikan
hasil pekerjaannya di depan kelas dengan menulis di papan tulis.
|
Kelompok yang di
pilih Mempersentasikan hasil pekerjaannya dan kelompok lain Memperhatikan kelompok yang sedang presentasi.
|
Kompak
|
|
|
|
7) Guru
memberikan penguatan dan melakukan tanya jawab kepada siswa.
|
Memperhatikan guru dan menjawab pertanyaan.
|
Peduli
|
|
3. Penutup
|
|||
|
|
1) Peserta didik mengumpulkan LKS.
|
Melaksanakan perintah guru
|
Disiplin
|
|
2) Guru bersama siswa menyimpulkan tentang materi yang di
pelajari.
|
Menyimpulkan
materi yang telah di pelajari.
|
Kompak
|
|
|
3) Guru mengajak peserta didik untuk
berdoa sebelum pembelajaran di akhiri kemudian mengucapkan salam
|
Berdoa bersama dan membalas
salam guru
|
Cinta Tuhan YME
|
|
I.
MEDIA DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
Media
pembelajaran : sedotan atau pipet.
Sumber
belajar :
Buku paket Matematika untuk SD/MI
kelas 2.
§ Guru : Buku ajar: buku Matematika SD
§ Siswa :
1.
LKS: Perkalian dan
Pembagian.
2.
Kunci LKS.
J. ALAT DAN BAHAN
Sedotan atau pipet, LKS,
K. EVALUASI
§ Kognitif
Bentuk: Tes
Alat: Soal Tes
1.
5 × 3 = ... + ... + ... + ... +
... = ...
2.
5 + 5 + 5 + 5 = ... x ... = ...
3.
6 : 3 = ... karena terdapat ...
kali pengurangan jadi 6 : 3 = ...
Kunci Jawaban:
1.
5 × 3 = 3 + 3
+ 3 + 3
+ 3 =
15
2.
5 + 5 + 5 + 5 = 4 x 4 = 16
3.
6 : 3 = 3 – 3 = 0 karena
terdapat 2 kali pengurangan jadi 6 : 3
= 2
§ Afektif :
Bentuk:
Non tes
Alat : Lembar Observasi
Terlampir
§ Psikomotorik
Bentuk: Non tes
Alat: Tes Kinerja
(Terlampir)
L.
PENILAIAN
Prosedur
Proses dan
hasil, penilaian siswa dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan
pada akhir pembelajaran.
· Teknik :
Tes Tertulis
· Bentuk :
Tes Uraian
· Soal/instrumen :
Terlampir
Lampiran
Lembar Observasi
Afektif siswa
|
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
Siswa
|
Skor
|
||||||
|
Bekerjasama
|
Peduli
|
Jujur
|
Tanggung
jawab
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = sangant baik
LEMBAR
PENGAMATAN PSIKOMOTOR SISWA
|
No
|
Nama
Siswa
|
Keterampilan
|
Skor
|
||||||
|
Berdiskusi
|
Bekerjasama
|
Mengemukakan
pendapat
|
Memprisentasikan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = sangant baik
DAFTAR PUSTAKA
Armstrong,
Thomas. 2003. Setiap Anak Cerdas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Buku
siswa : perkalian dan pembagian
|
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
|
MATERI
PELAJARAN : Perkalian dan Pembagian
Bilangan.
WAKTU : 5 menit
TANGGAL :
A.
Petunjuk
v Isi identitas kelompok pada kolom yang disediakan
v Cermati gambar dan soal yang diberikan dengan teliti dan benar
v Diskusikan dengan teman sekelompokmu
v Kerjakan dengan tertib dan tenang
v Selamat bekerja
|
Nama kelompok :
1.
………
2.
………
3.
………
4.
………
5.
………
6.
………
7.
………
|
Kerjakan
soal berikut ini!
1.
2 × 2 = …...+ ….. = 4
2.
2 x 4 = …….
3.
10 : 2 = ……karena terdapat ….. kali
pengurangan jadi 10 : 2 = …..
Jawaban
|
Pengetahuan di
peroleh dengan belajar, keahlian dengan berlatih, dan cinta dengan
mencintai.
|
|
1.
2 × 2 =
2 + 2 =
4
2.
2 x 4 =
4 + 4 =8
3.
10 : 2 = 2 – 2 – 2 – 2 – 2 = 0karena terdapat 5 kali
pengurangan jadi
10
: 2 = 5
|
Lembar evaluasi
Kerjakan soal berikut ini!
1.
2 x 3 = ……
2.
3 x 4 =……
3.
4 x 5 =……
4.
5 x 4 =…..
5.
4 : 2 =……
6.
6 : 2 =……
7.
8 : 4 =……
8.
10 : 5 =…..
Jawaban
1.
2 x 3 = 6
2.
3 x 4 = 12
3.
4 x 5 = 20
4.
5 x 4 = 20
5.
4 : 2 = 2
6.
6 : 2 = 3
7.
8 : 4 = 2
8.
10 : 5 = 2
The King Casino - Atlantic City, NJ | Jancasino
BalasHapusCome on in the King Casino for fun, 출장샵 no wagering requirements, delicious dining, worrione.com and 스포츠 토토 사이트 enjoyable casino https://jancasino.com/review/merit-casino/ gaming all at the casinosites.one heart of Atlantic City.