RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
: SDN 01 Putussibau
Mata
Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester
: V/ 2
Materi Pokok
: Jenis-jenis tanah
Waktu
: 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
:
7. Memahami perubahan yang
terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan
sumber daya alam
B. Kompetensi Dasar
7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
C. Indikator
1. kognitif
o Mengidentifikasi komposisi dan
jenis-jenis tanah
2. Afektif
o Mengembangkan prilaku karakter
meliputi : ketepatan dalam menjawab pertanyaan, bekerjasama dalam kelompok ,
bertanggung jawab menyelesaikan tugas.
3. Psikomotor
o Melakukan aktivitas pengamatan
gambar untuk mengidentifikasi jenis-jenis tanah
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Kognitif
o Siswa mampu mengetahui dan
menyebutkan ciri-ciri dari empat jenis tanah yaitu tanah humus,berpasir ,liat
dan kapur.
2.Afektif
o Terlibat dalam proses pembelajaran yang
berpusat pada siswa sambil mengembangkan prilaku berkarakter : keaktifan dalam
bekerja kelompok,
ketepatan dalam menjawab pertanyaan ,bekerjasama dalam kelompok , bertanggung
jawab menyelesaikan tugas.
3.Psikomotor
o Diberikan empat gambar jenis tanah , siswa
melakukan pengamatan terhadap gambar untuk mengidentifikasi jenis-jenis tanah.
E. Karakter siswa yang diharapkan : kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu
F. Materi Ajar
Jeni s-Jenis Tanah
Jenis tanah yang dibentuk dari hasil
pelapukan batuan tentunya berbeda antara tempat yang satu dengan tempat yang
lainnya. Hal ini sangat dipengaruhi oleh jenis batuan yang membentuknya.
Berdasarkan komposisi penyusunnya, tanah dibedakan menjadi empat jenis, yaitu
tanah berpasir, tanah berhumus, tanah
liat, dan tanah berkapur.
a. Tanah
berpasir
Tanah berpasir merupakan jenis tanah
yang gembur dan mudah dilalui oleh air.
Tanah jenis ini mengandung sedikit bahan organik yang berasal dari makhluk hidup.Hal
inilah yang menyebabkan tanah berpasir tidak begitu subur.
b. Tanah berhumus
Humus berasal dari sisa-sisa
tumbuhan. Tanah yang mengandung banyak humus
merupakan jenis tanah yang memiliki kesuburan yang sangat baik. Tanah jenis ini
dapat menahan air dan merupakan tanah yang paling subur dibandingkan dengan
jenis tanah lainnya.
c. Tanah liat
Jenis
tanah ini banyak digunakan untuk pembuatan keramik dan kerajinan lainnya. Dalam
keadaan basah tanah ini lengket dan sangat elastis. Tanah jenis ini sulit
dilalui oleh air dan tidak banyak mengandung bahan organik.
d. Tanah
berkapur
Tanah
berkapur mengandung bebatuan. Tanah jenis ini mudah dilalui air. Tanah berkapur
mengandung sedikit sekali humus.
G. Media Belajar
1. BUKU BSE
2. Buku SAINS SD
Relevan Kelas V
H.
METODE PEMBELAJARAN
Model : a. Pembelajaran kooperatif
b. Pendekatan
kontlektual
Metode : a. ceramah
b. pemberian tugas kelompok
c. penegasan
I. Langkah Pembelajaran
1.Kegiatan
Awal:
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
Mengucapkan salam, doa,mengecek
kehadiran, Memberikan motivasi dengan meminta anak menyebutkan jenis – jenis
tanah yang siswa ketahui dan Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran. (Fase 1 menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa)
|
1)
menjawab salam
berdo’a.
2) Memperhatikan
guru dan menjawab pertanyaan guru
|
5
menit
|
2.Kegiatan
Inti
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
§
1) Guru Membimbing siswa untuk
memahami komposisi dan jenis – jenis tanah dengan menggunakan media gambar
yang sudah ditempel di papan tulis
§
( Fase 2 menyampaikan informasi)
2) Mengorganisasikan siswa ke dalam 4 kelompok yang
terdiri dari 5 siswa tiap kelompoknya. Pembagian dilakukan secara
heterogen.Kemudian membagikan LKS kepada setiap kelompok.
3) Guru menjelaskan tugas yang harus
dikerjakan siswa dalam kelompok
4) Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah
dibagikan.
(Fase3Mengorganisasikan siswa
ke dalam kelompok-kelompok belajar)
5) Guru membimbing siswa melakukan
diskusi dalam kelompoknya,kemudian menarik
kesimpulan secara tanggungjawab dan saling menghargai pendapat teman.
6) Memberi kesempatan siswa untuk berpikir,
menganalisa, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut. (Fase4Membimbingkelompok)
7) Guru menunjuk siswa secara acak
untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi oleh kelompok yang
lain
8) Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi yang dipelajari.
9) Guru membimbing siswa membuat rangkuman di buku
tulisnya masing-masing.
(Fase 5 Evaluasi)
|
1) Memperhatikan
guru
2)
Mengikuti arahan dari guru dan
tidak memprotes keanggotaan kelompok
3)
Memperhatikan guru
4)
Mengerjakan tugas
5)
Ikut mengerjakan tugas didalam LKS
Sesuai
petunjuk
6) Terlibat
dalam diskusi
7)
Menperhatikan
kelompok lain yang sedang diskusi mengikuti
8)
Siswa bersama guru
menyimpulkan hasil diskusinya
9)
Melaksanankan
perintah guru
|
20
menit
|
3.Kegiatan Penutup
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
1)
Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum dipahami siswa
2)
Guru memberikan penguatan dan
kesimpulan tentang jenis – jenis tanah sesuai dengan komposisinya
3) Guru memberikan
penghargaan kepada individu dan kelompok terbaik.
4)
Guru memberikan tugas rumah.( Fase 6 Penghargaan)
|
§ 1)
Menperhatikan dan menjawab pertanyaan guru
§ 2) Memperhatikan guru
3) Menerima penghargaan
dari guru
4) memperhatikan
dan mencatat tugas rumah
|
5 menit
|
J. Alat dan
Sumber Pembelajaran
1. Alat pembelajaran :
Gambar
jenis – jenis tanah
2. Sumber pembelajaran
a. Buku
IPA SD/MI kelas V BSE, Pusat Perbukuan Depdiknas Jakarta
b. LKS
dan kunci jawab
K. Penilaian:
1. Tes unjuk kerja : LKS
2. Observasi
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi komposisi dan
jenis – jenis tanah
|
Tugas kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
|
o Jelaskanlah komposisi dan jenis –
jenis tanah ?
|
A.
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Produk (
hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
B.
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|||||||
CATATAN :
Nilai
= ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar